Waspada! Panggilan Misterius Nomor Luar Negeri, Jangan Telepon Balik



Belakangan sejumlah masyarakat Indonesia dihebohkan dengan panggilan tidak terjawab atau missed call yang masuk ke nomor pribadinya. Anehnya, panggilan tidak terjawab itu berasal dari nomor yang diduga dari luar negeri.
Mencuatnya kasus ini lantaran warganet awalnya berkeluh kesah melalui platform media sosial. Banyak yang mengeluhkan perihal teror panggilan tak terjawab yang menghantui nomor ponsel pribadinya. Salah satunya akun Twitter @Heri_breuwox.
Dia menulis keluhannya terkait panggilan misterius yang masuk di nomor ponselnya. "Heboh misscall dr luar negeri. Ternyata ane jg dpt sempet ane angkat suasana ribut dan ada suara hello dan di tutup. cc @myXL #MissCallMisterius Ini buktinya," katanya.

Cuitannya itu juga dibarengi dengan unggahan foto sebagai bukti yang menimpa dirinya terkait panggilan misterius itu.
Selain itu, salah seorang warga Depok, Jawa Barat, Herman, juga mengaku mendapat panggilan misterius tersebut. "Iya benar, tapi nggak gue angkat. Gue nggak tahu ada telepon itu. Pas ngecek sudah ada history teleponnya," katanya kepada JawaPos.com.
Usut punya usut, panggilan tak terjawab itu merupakan modus kejahatan dengan nama Call-back Scam. Hal ini merupakan cara dari oknum terorganisir untuk meraup keuntungan dari nomor ponsel yang dihubungi secara acak.



Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Noor Iza mengatakan, masyarakat yang mendapat missed call dari nomor luar negeri untuk tidak menghubungi kembali nomor tersebut.
“Jika mendapati panggilan dari nomor yang terindikasi dari luar negeri yang sifatnya memancing (hanya satu kring, red) jangan ditanggapi,” kata Noor Iza ketika dihubungi JawaPos.com, Senin (2/4).
“Misal mereka menelepon hanya satu kring saja, mereka hanya memancing keingintahuan kita dengan harapan, pengguna yang mendapat panggilan tersebut akan terpancing rasa ingin tahunya. Kemudian menekan nomor tersebut untuk menelepon balik, jangan dilakukan,” sambung Noor Iza menegaskan.

Menurutnya, warga Indonesia yang juga pengguna layanan seluler perlu mewaspadai perihal panggilan misterius dari nomor luar negeri tersebut. Sebab ada indikasi ketika si target terpancing melakukan panggilan balik atau call-back, oknum tersebut akan mendapat keuntungan melalui charge pulsa yang dimiliki korban. Charge pulsa tersebut dibebankan kepada korban dengan biaya panggilan internasional maupun premium call.
Noor Iza menambahkan, jika kedapatan mengalami kejadian tersebut, ada baiknya pengguna layanan seluler mengkroscek terlebih dahulu nomor yang melakukan panggilan tersebut. Khususnya nomor yang terindikasi berasal dari luar negeri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada! Panggilan Misterius Nomor Luar Negeri, Jangan Telepon Balik"

Post a Comment